Pages

Thursday 6 June 2013

Pertambakan

Inilah suasana saat belum terjadi abrasi, suasananya yang indah menuruti saya. Tambak tersebut merupakan usaha dari orangtua saya, di tambak tersebut digunakan untuk ternak ikan bandeng, dan udang, serta digunakan untuk menanam rumput laut. Ikan bandeng dan rumput laut di tambak tersebut dipanen setiap 4 sampai 6 bulan sekali, sedangkan udang di ambil setiap hari. 

Hal yang paling menarik bagi saya adalah saat waktu panen tiba, di dalam tambak tersebut ikan bandeng di giring menggunakan jaring yang ukurannya sangat besar. Ikan-ikan tersebut meloncat-loncat hingga mengenai kepala orang yang sedang menangkapnya dan ada ikan yang meloncat sampai ke daratan.

Peristiwa Itu hanya menjadi kenangan saat keluarga saya tinggal di daerah tersebut. Sekarang tambak-tambak tersebut sudah terkena abrasi, sehingga tambak-tambak sudah tidak produktif lagi. Mungkin ini adalah balasan dari tuhan karena masyrakat sekitar sering merusak hutan di pinggir pantai, seperti menebang pohon bakau-bakau untuk dijadikan kayu bakar dan lain sebagainya.

Semoga masyarakat di sekitar pantai dapat menyadari akan tidakannya yang salah, dan memulai penanaman kembali pohon bakau-bakau di pinggiran laut sehingga dapat menjaga air laut supaya tidak merusak dinding pertambakan dan pertambakan pun kembali menjadi produktif.

 

 
 
 

No comments:

Post a Comment