Pages

Thursday 6 June 2013

Macetnya jalanan

Di daerah kawasan industri  macet sudah menjadi hal yang biasa, apalagi pada saat  jam pulang kerja. Setiap orang  yang beraktifitas di daerah tersebut pasti sudah sering merasakan macet. Hal tersebut juga saya rasakan setiap hari saat saya pergi dan pulang kuliah. Pagi hari saat saya pergi kuliah saya bisa menghabiskan waktu selama satu setengah jam  sampai tempat tujuan, dan pada waktu sore hari perjalanan pulang dari kampus ke rumah bisa mencapai 2 jam di perjalanan. 
Kemacetan tersebut banyak penyebabnya, diantaranya karena semakin banyaknya kendaraan, terutama kendaraan roda dua. Disamping itu disebabkan karena faktor jalanan yang berlubang dan tergenang air di beberapa titik perjalanan menuju kampus. Kemacetan juga bisa terjadi karena matinya lampu lalu lintas di beberapa perempatan  jalan menuju kampus. Dari factor-faktor yang sudah di sebutkan diatas, ada lagi faktor yang sangat penting, yaitu faktor dari manusianya sendiri. Faktor dari manusia tersebut yaitu faktor kesabaran yang rendah, ini yang paling sering menyebabkan kemacetan. Misalkan pengendara yang tidak sabar mengantri di jalurnya masing-masing kemudian mengambil jalur sebelahnya, sehingga terjadi bentrok di setiap jalur. 

Pengendara rata-rata tidak sadar bahwa apa yang di perbuatnya itu bahkan akan menyebabkan kemacetan yang lebih lama. Seharusnya si pengendara sabar dengan mengantri di jalurnya masing-masing, sehingga tidak terjadi bentrok di jalur sebelahnya.   

Harapan saya semoga semua hal yang menjadi penyebab terjadinya kemacetan tersebut dapat di tangani dengan baik. Baik dari segi fasilitas maupun dari segi manusianya.

 

 

No comments:

Post a Comment