Pages

Monday 12 March 2012

TUGAS 1 Teori Organisasi Umum 2 #

Sistem ekonomi
Apa itu sistem ekonomi? Sistem ekonomi adalah perpaduan dari aturan-aturan atau cara-cara yang menjadi satu kesatuan dan digunakan untuk mencapai tujuan dalam perekonomian. Hal ini mencakup seluruh proses dan kegiatan masyarakat dalam usaha memenuhi kebutuhan hidup atau mencapai kemakmuran.


Sebutkan dan jelaskan macam-macam sistem ekonomi?
Macam-macam Sistem Ekonomi :
  • Sistem Ekonomi Tradisional 
Sistem ekonomi tradisional merupakan sistem ekonomi yang diterapkan oleh masyarakat tradisional secara turun-temurun dengan hanya mengandalkan alam dan tenaga kerja.
Dalam sistem ini segala barang dan jasa yang diperlukan, dipenuhi sendiri oleh masyarakat itu sendiri.
Dalam sistem ekonomi tradisional, tugas pemerintah hanya terbatas memberikan perlindungan dalam bentuk pertahanan, dan menjaga ketertiban umum.
  • Sistem Ekonomi Komando (Terpusat)
Sistem ekonomi komando adalah sistem ekonomi dimana peran pemerintah sangat dominan dan berpengaruh dalam mengendalikan perekonomian. Pada sistem ini pemerintah menentukan barang dan jasa apa yang akan diproduksi, dengan cara atau metode bagaimana barang tersebut diproduksi, serta untuk siapa barang tersebut diproduksi. Sehingga dalam sistem ekonomi komando ini, pemerintah akan lebih mudah mngendalikan inflasi, masalah pengangguran, serta masalah ekonomi lainnya.
  • Sistem Ekonomi Pasar Bebas(Liberal)
Sistem ekonomi pasar adalah suatu sistem ekonomi dimana seluruh kegiatan ekonomi mulai dari produksi, distribusi dan konsumsi diserahkan sepenuhnya kepada mekanisme pasar.
  • Sistem Ekonomi Campuran
Sistem ekonomi campuran merupakan dari sistem ekonomi pasar dan terpusat, dimana pemerintah dan swasta saling berinteraksi dalam memecahkan masalah ekonomi.


Apa yang dimaksud dengan permintaan dan  penawaran?
Permintaan adalah ungkapan keinginan dan kemampuan seorang pembeli untuk memperoleh jumlah tertentu dari suatu barang dalam berbagai kemungkinan harga yang pembeli mungkin dapat tawarkan. Permintaan dapat dianggap sebagai suatu daftar harga dan jumlah dalam pikiran pembeli.
Penawaran adalah keinginan dan kemampuan para penjual atau penyalur untuk menawarkan berbagai jumlah barang dalam suatu relevansi harga.


Apa yang anda ketahui dengan hukum permintaan dan penawaran serta faktor-faktor yang mempengaruhinya?
Hukum permintaan pada hakikatnya merupakan suatu hipotesis yang menyatakan :
“Hubungan antara barang yang diminta dengan harga barang tersebut dimana hubungan berbanding terbalik yaitu ketika harga meningkat atau naik maka jumlah barang yang diminta akan menurun dan sebaliknya apabila harga turun jumlah barang meningkat”.
Permintaan seseorang atau suatu masyarakat kepada suatu barang ditentukan oleh faktor-faktor, diantaranya :
  • Harga barang itu sendiri (Px)
Jika harga suatu barang semakin murah, maka permintaan terhadap barang itu bertambah, begitu juga sebaliknya.
  • Harga barang lain ( Py)
Harga barang lain juga dapat mempengaruhi permintaan akan suatu barang, tetapikedua macam barang tersebut mempunyai keterkaitan. Keterkaitan dua macam barang dapat bersifat substitusi (pengganti) dan bersifat komplemen (penggenap).
  • Iklim (S)
  • Cita rasa (T)
Cita rasa juga dapat mempengaruhi permintaan terhadap suatu barang.
  • Jumlah penduduk (Pop)
  • Tingkat Pendapatan Perkapita 
Tingkat pendapatan perkapita dapat mencerminkan daya beli. Makin tinggi tingkat pendapatan, daya beli makin kuat, sehingga permintaan terhadap suatu barang meningkat.


Hukum penawaran pada dasarnya menyatakan bahwa :
“Semakin tinggi harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh para penjual. Sebaliknya, makin rendah harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang tersebut yang ditawarkan”.
Keinginan para penjual dalam menawarkan barangnya pada berbagai tingkat harga ditentukan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu;
  • Harga barang itu sendiri
Jika harga suatu barang naik, maka produsen senderung akan menambah jumlah barang yang dihasilkan.
  • Harga Barang Lainnya yang terkait
Secara umum dapat dikatakan bahwa apabila harga barang subsitusi naik, maka penawaran suatu barang akan bertambah, dan sebaliknya. Sedangkan untuk barang komplemen, dapat kita nyatakan bahwa apabila harga barang komplemennaik, maka penawaran akan suatu barang berkurang, dan sebaliknya.
  • Harga Faktor Produksi
Kenaikan harga faktor produksi akan mengurangi laba perusahaan. Apabila tingkat laba suatu suatu industri tidak menarik lagi, mereka akan pindah ke industri lain,dan hal ini akan mengakibatkan berkurangnya penawaran akan barang.
  • Biaya Produksi
Kenaikan harga input menyebabkan kenaikan biaya produksi. Dengan demikian, bila biaya produksi meningkat (apakah dikarenakan harga faktor produksi atau penyebab lainnya), maka produsen akan mengurangi hasil produksinya , berarti penawaran akan barang itu berkurang.
  • Teknologi Industri
Kemajuan teknologi menyebabakan penurunan biaya produksi, dan menciptakan barang-barang baru. Dalam hubungannya dengan penawaran akan suatu barang, kemajuan teknologi menyebabkan kenaikan dalam penawaran akan barang.
  • Jumlah Penjual
Apabila jumlah penjual suatu produk tertentu semakin banyak, maka penawaran barang tersebut akan bertambah.
  • Tujuan Perusahaan
Tujuan perusahaan adalah memaksimalkan laba, bukan memaksimalkan hasil produksinya. Akibatnya, tiap produsen tidak berusaha untuk memanfaatkan kapasitas produksinya secara maksimal, tetapi akan menggunakannya pada tingkat produksi yang memberikan keuntungan maksimal.
  • Perkiraan Harga (tetapi pengaruhnya masih meragukan).



Referensi :
 
   






 

 

 

 






No comments:

Post a Comment